Edi Santoso

Edi Santoso

( @repodevs )


Python & Odoo Developer who drink tea to enjoying the life


Tutorial Membuat BOT LINE

LINE adalah aplikasi chatting yang lahir di negeri sakura Jepang. Hingga detik saat tulisan ini diterbitkan, dari 220 juta penggunanya di seluruh dunia, LINE sudah mengakuisisi tidak kurang dari 90 juta pengguna di indonesia, angka yang lebih besar daripada jumlah pengguna di negaranya sendiri. Peningkatan jumlah pengguna aktif per bulannya mencapai 200% terhitung sejak tahun 2014 hingga 2016 lalu.

TUTORIAL MEMBUAT ACCOUNT BOT LINE

Sebelum mulai membuat akun LINE Business dan LINE Bot, Kamu harus membuat akun LINE terlebih dahulu. Silakan install LINE app di ponselmu dan buat akun LINE bila belum punya, atau login bila sudah punya.

Setelah itu buka browser di komputermu dan masuk ke halaman https://business.line.me/id/ Kemudian klik tombol login di sisi pojok kanan

  • masukan user dan password akun LINE kita

line_login

Karena baru pertama kali login di komputer, LINE akan meminta kita untuk mengkonfirmasi identitas dengan memasukkan 4 digit kode yang tampil di popup pada halaman login ke dalam form konfirmasi LINE App di ponselmu. LINE akan selalu melakukan hal ini setiap kali kita login di perangkat yang berbeda.

line_verif

Kemudian Masuk ke halaman daftar akun -> Buat Akun Bisnis

Scroll ke bawah, pada Messaging API Kemudian Pilih Memulai Developer Trial

line_messaging_api

Kemudian Buat Nama BOT, Icon, Kategori BOT dan ketika sudah terisi klik OK

line_info_pendataran_bot

Setelah menekan tombol OK, kamu akan di hadapkan pada halaman cek info akun bot yang kamu buat. Klik tombol mendaftar untuk melanjutkanya.

line_cek_info

Akan muncul halaman seperti ini jika kamu sukses membuat akun BOT LINE mu

line_pendaftaran_done

Selanjutnya Klik tombol LINE@ MANAGER Kamu akan otomatis di arahkan ke halaman dashboard line manager

line manager

Selamat Akun BOT LINE anda sudah jadi, kamu bisa explore BOT kamu di sini. Kamu bisa menambahakan / chat dengan akun bot line mu tersebut, contoh disini yaitu akan menambahakan @vfq7970g sebagai teman line.

comments powered by Disqus